Kelas Online Ayo Bermain Coding Untuk Anak Dengan Scratch Programming

Kelas Online Ayo Bermain Coding Untuk Anak Dengan Scratch Programming



Untuk kelas ini, bermain sambil mengenal konsep coding menggunakan Scratch Programming bikinan MIT Edu Lab. Bisa di cek dan di coba di www.scratch.mit.edu.

Beberapa tutorial ada di channel Yout Tube Kelasku Digital di https://bit.ly/kelaskudigital

Kelas online Ayo Bermain Coding yang saya ramu ini bukan semata mengenalkan konsep coding, Computational Thingking atau Computer Science.

Tapi lebih ke membiasakan anak untuk:

  1. Luwes menggunakan gadget dan internet dalam proses belajar. Itulah kenapa saya tegas (memaksa) anak-anak berkomunikasi di Google Classroom dan Scratch. Biar mengenal juga LMS (Learning Management System) untuk proses belajar. Dan juga melatih anak bergantian Share Screen ketika belajar saat praktek menggunakan Google Meet. 
  2. Biasa belajar mandiri (mencari tahu dulu, belajar sendiri dulu, baru bertanya jika mentok kesulitan).
  3. Terbangun mental menjadi kreator dan tidak puas hanya sebagai user (pemain/pengguna)
  4. Yang utama terasa ketika anak belajar menyusun block coding dengan Scratch ini adalah mereka tidak takut untuk salah ketika belajar. Tidak ada project buruk. Tidak ada lebih bodoh atau lebih pintar. Semata paham bahwa proses belajar itu harus berani mencoba dan juga tekun untuk mencari solusi atas masalah yang ada (problem solving)

Semoga langkah kecil saya ini bisa jadi manfaat untuk pondasi anak-anak membangun cita-citanya di era digital. Apapun jalur pilihan bakat minatnya nanti.



Untuk dua kelas online lainnya bisa disimak di bawah ini:




Kelas online Ayo Bikin Website, bisa cek informasi di sini https://www.kelaskudigital.com/2020/06/kelas-online-ayo-bikin-website.html


Kelas online Ayo Bikin Blog untuk Anak, bisa cek informasi di sini https://www.kelaskudigital.com/2020/06/kelas-online-ayo-bikin-blog-untuk-anak.html