Manfaat Anak Belajar Coding

Learning how to code at young age can truly set up your child for a lifetime success. 

Coding Kids yang juga dikenal sebagai computer programming, saat ini semakin meningkat trendnya di masyarakat.  Walaupun kelas belajar coding kids ini masih sedikit diadakan secara non formal. Namun permintaan orang tua semakin meningkat, bahwa computer programming ini bisa diajarkan di sekolah formal. Bahkan pemerintah sendiri juga berencana mencanangkan program tersebut.

Bisa dilihat di berita pada laman berikut:

  1. Menkominfo Ingin Pelajaran "Coding" Masuk Sekolah 
    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menkominfo Ingin Pelajaran "Coding" Masuk Sekolah", https://tekno.kompas.com/read/2015/09/10/13160077/Menkominfo.Ingin.Pelajaran.Coding.Masuk.Sekolah
    Penulis : Reska K. Nistanto
  2. "Coding" Siap Masuk ke Dalam Kurikulum Sekolah di Indonesia 
    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Coding" Siap Masuk ke Dalam Kurikulum Sekolah di Indonesia", https://edukasi.kompas.com/read/2018/01/12/07015971/coding-siap-masuk-ke-dalam-kurikulum-sekolah-di-indonesia?page=all
    Penulis : Alek Kurniawan 


Di Kelasku Digital, telah diselenggarakan kelas Coding Kids menggunakan platform game programming yang menyenangkan. Yaitu Kodu Game Lab dan Scratch MIT Edu.

Coding Kids dengan Kodu Game Lab
Tentu saja untuk anak-anak, belajar coding di awal tidak langsung menulis rentetan code yang bagi orang dewasa saja juga membingungkan. Akan tetapi menggunakan tools yang banyak gambar dan warna-warni. 

Kodu dan Scratch, dua-duanya mempunyai fitur visual yang menarik. Bahkan orang dewasa akan suka membuat game sederhana dengan kedua tools ini. Dengan beberapa kali pertemuan, maka anak akan memamahi konsep berpikir ala programming, atau biasa disebut sebagai konsep Computational Thinking. Anak-anak memahami pola, cara memecahkan masalah dengan mengurainya satu per satu dan menemukan solusinya satu per satu. 

Adapun manfaat anak belajar coding, bisa disimpulkan sebagai berikut:
  1. Dari ilmu komputer ini, akan terbangung keterampilan secara alami di bidang matematika, sains, pemecahan masalah, kerjasaam dalam tim, pembelajaran berbasis projek, seni kreatif dan lain sebagainya. Serupa halnya dengan kalimat yang sering diucapkan oleh Steve Jobs, "Coding mengajarkan anda cara berpikir" [Coding teach you how to think].
  2. Belajar coding sama seperti belajar bahasa asing. Semakin awal anda mulai belajar bahasa asing ini, akan semakin mudah memahaminya. Sama halnya ketika anda mulai mengajarkan anak balita untuk berbahasa Inggris, bahkan sejak dia dalam kandungan. Tujuannya untuk mengenalkan lebih dini, agar lebih mudah dipahami. 
  3. Anak akan siap menjadi pribadi kompeten di masa depan. Dimana kelak akan bermunculan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan teknologi yang sangat tinggi. Jika anak tidak dipersiapkan sejak sekarang, maka pekerjaan itu tidak akan bisa terisi dengan tenaga kerja yang berkualitas dan terampil. 
  4. Pekerjaan yang berhubungan dengan komputer akan membentuk lebih dari 60% posisi pekerjaan baru yang diproyeksikan di bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika).
  5. Pemrograman komputer mengajarkan keterampilan yang langsung relevan di pasar kerja saat ini. 
  6. Kekuatan komputasi ini diperlukan di hampir setiap industri, baik itu pendidikan, pertanian, hukum, konstruksi dan obat-obatan. bahkan fashion, kesenian dan juga kuliner juga semakin membutuhkan teknologi. 
  7. Menjadi programmer termasuk pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Lalu bahasa pemrograman apa yang diajarkan pada anak-anak?

Biasanya orang dewasa mulai belajar coding dengan mengenal lebih dulu bahasa pemrograman dasar seperti HTML dan CSS, yang digunakan untuk proses membuat website. 

Akan tetapi jika ini diterapkan untuk anak-anak, mereka akan bosan, karena bentuk codingnya hanya deretan angka dan huruf. 

Untuk anak-anak, sebaiknya dimulai dengan Visual Block Platform, seperti Kodu dan Scratch. Yaitu platform yang menerapkan kotak-kotak blok dan gambar lucu serta warna-warni dalam menyusun perintah-perintah codingnya. 

Tampak blok kota-kotak CODE di Kodu Game Lab

Tentu saja, pembelajaran coding kids ini disesuaikan dengan kondisi anak. Baik itu karakternya yang suka bermain. Juga aturan pembatasan melihat screen dan cara menggunakan laptop, tablet atau smartphone yang bijak dan sehat, juga diajarkan di sini. Yang penting adalah, Kelasku Digital, menyediakan suasana belajar coding dan teknologi dengan menyenangkan. 

Sesi foto bersama selesai belajar coding Kodu

Apa saja spesifikasi laptop yang dibutuhkan?
Bagaimana jadwalnya?
Adakah kelas online?
Silahkan langsung ke website official Kelasku Digital di www.kelaskudigital.id untuk mendapatkan jawaban dan akses kontak langsung. 










0 Komentar