CS50 Pelajaran Scratch Programming Untuk Mahasiswa di Harvard


This is CS50, Harvard University's introduction to the intellectual enterprises of computer science and the art of programming.


Jika diamati, ada materi Scratch Programming yang ada di Computer Science CS50 untuk mahasiswa Harvard ini. Dari situasinya ini seperti mata kuliah umum di awal masuk kuliah di sana. 

Menarik mengetahui bahwa coding Scratch yang dianggap hanya untuk anak-anak dan sekadar main-main saja, ternyata penting juga dipelajari sebagai tahap awal mengenal konsep programming dan computer science di Harvard, salah satu kampus bergengsi dunia.

Silahkan menyimak video berikut dan video selanjutnya yang ada di dalam playlist terkait CS50 Harvard. 

Playlist lengkap video CS50 ada di sini: https://www.youtube.com/watch?v=zYierUhIFNQ&list=RDCMUCcabW7890RKJzL968QWEykA&start_radio=1&t=5

Scratch Programming is the real programming. 

Ya itu tepat sekali. Bagi anak-anak, mungkin belum terlalu paham bahwa tiap script coding yang dibuat, ternyata mengikuti dasar-dasar teori pemrograman. Karena yang dipasang dan dilepas seperti halnya lego warna-warni biasa. 

Namun, konsep berpikir mereka akan terasah dengan semakin banyak mereka berlatih. Satu demi satu block code, fungsi, variable, operator dan trik coding lainnya bisa mereka temukan sebagai problem solving dari setiap masalah yang mungkin muncul. Belajar dari debugging juga. 

Maka, tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun cocok sekali mengenal scratch programming dulu sebelum masuk ke dunia pemrograman. 

Sebagai langkah awal, anda bisa mengikuti FREE COURSE kami di Udemy, dan mengenal cara belajar coding dengan Scratch. 

Bisa klik di sini: https://www.udemy.com/course/pengenalan-ayo-bermain-coding-dengan-scratch-programming